Petaling, Kamis(15/03/2019) Rektor IAIN SAS BABEL Dr.Zayadi, M.Ag dan dengan disaksikan oleh para wakil rektor (warek) dan para pejabat, melantik 3 dekan di lingkungan IAIN SAS dengan masa jabatan 2019-2013. Ketiga dekan yang dilantik sebelumnya tetalah melewati proses seleksi dan pemilihan di lingkungan fakultas masing masing. Adapun beberapa dekan yang terpilih dari beberapa fakultas ialah dekan Syari’ah Dr.Muh.Misdar. M, Ag, dekan tarbiyah ibu Hadarah, dan dekan dakwah bapak Zaprul.
Pergantian kepemimpinan merupakan sebuah upaya untuk membentuk good governance di sebuah institusi, salah satu tujuannya adalah untuk memajukan IAIN SAS itu sendiri. Dalam sambutannya rektor IAIN SAS menyampaikan kepada jajarannya agar sumpah jabatan yang diucapkan dapat menjadi motivasi untuk semuanya, agar dapat mencintai pekerjaan sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Beliau juga berharap agar semua petinggi ataupun dosen dapat membimbing mahasiswa dan mampu memberikan pengarahan serta pemahaman kepada mahasiswa agar dapat lebih mencintai dan mengenali kampus mereka sendiri.
Warek tiga bapak Janawi juga menyampaikan dengan tranformasi STAIN ke IAIN nama jurusan berubah menjadi fakultas, yang terdiri dari tiga fakultas yaitu Syari’ah, Tarbiyah, dan Dakwah. Akan tetapi ditahun 2019 ini ada penambahan jurusan di fakultas Dakwah yaitu Psikologi Islam dan Jurnalistik Islam sehingga menambah jumlah jurusan di IAIN SAS menjadi 13 jurusan. Beliau juga menyampaikan mahasiswa merupakan bagian penting dari sebuah lembaga, sehingga lembaga seharusnya dapat lebih memperhatikan lagi kebutuhan mahasiswa dan harus mampu memberikan penyumbangan kepada mahasiswa, sehingga setelah lulus dan menjadi alumni mahasiswa IAIN SAS merupakan alumni yang berkualitas. Untuk menyiapkan mahasiswa yang berkualitas suatu lembaga harus mampu menyiapkan infrastruktur serta sarana dan prasarana yang dapat memperkuat SDM dan lain sebagainya. Dengan demikian diharapkan suatu lembaga dapat di akui oleh pihak luar.
Dekan dakwah bapak Zaprul menyampaikan itu adalah sebuah amanah sehingga kita akan berkoordinasi dengan dosen-dosen dakwah untuk memajukan fakultas dakwah itu sendiri. Untuk itu akan di kembangkan prodi-prodi agar menarik minat mahasiswa. Misalnya dengan penambahan prodi psikologi islam dan jurnalistik islam akan tetapi akan lebih mengedepankan jurnalistik dikarenakan banyak yang berminat untuk bergabung denagan prodi tersebut. Beliau juga mengatakan “berjuang, setelah pengaduan kita bagaimana kita memajukan fakultas dakwah baik dari segi kemahasiswaann maupun dari segi organisasinya”,tutur bapak Zaprul 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembukaan PBAK 2019

Pro Kontra RUU PKS

Seminar pendidikan