Pembukaan PBAK 2019




Petaling- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan(PBAK) tahun 2019 resmi dibuka Rektor Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (SAS BABEL) pada Sabtu,24 Agustus 2019.

Agenda akademik tahunan ini berlangsung di Aula Gedung Terpadu kampus IAIN SAS BABEL. Terhitung sebanyak 912 mahasiswa baru dari 3 fakultas yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam dan Fakultas Syariah dengan khidmat mengikuti berbagai rangkaian acara dari pukul 06.00 pagi.Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari dimulai sejak tanggal 24-27 Agustus 2019 dilingkungan kampus IAIN. Peserta kegiatan dibagi menjadi 21 ditambah 1 kelompok dari mahasiswa kuliah non reguler yang sebelumnya belum mengikuti kegiatan PBAK sebelumnya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN SAS BABEL Bapak Dr. Zayadi Hamzah M.Ag, mengucapkan selamat datang kepada baru dan berharap agar mahasiswa baru mengikuti kegiatan PBAK dengan sebaik-baiknya serta menjadi PBAK yang terbaik.

"Selamat datang anak-anak ku mahasiswa baru. Harapan saya untuk maba ikutilah acara ini sebaik-baiknya dan saya mengharapkan ini PBAK terbaik" ujar Zayadi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Rektor IAIN SAS BABEL, Bapak Dr. Zayadi Hamzah M.AG, Wakil Rektor 3 Bapak Janawi M.Ag. Kepala Biro AUAK Bapak Drs.H. Tumiran M.H. Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. hadarah M.Ag.
Ketua Panitia Bapak Nukmarijal, Kasubag Akademik, beberapa Kaprodi dan perwakilan Ormawa kampus.

Wahyu Akmal, selaku panitia pelaksana mengungkapkan tema yang diusung kali ini adalah "Terbinanya Insan Akademis, pencipta, pengabdi, dengan semangat modernisasi Islam". Beliau mengungkapkan bahwa hal ini terdiri dari dua garis besar yakni modernisasi islam sebagai tema yang digaungkan oleh kemenag untuk mahasiswa baru tahun ini agar mereka bisa menyesuaikan peradaban bahwa islam bisa berkembang dan maju.sedangkan tema dari dari PBAK tahun ini sendiri yaitu terbinanya insan akademis dari pencipta mereka mereka abdikan untuk islam dan untuk masyarakat indonesia.

"Ada dua garis besar tema, yang pertama adalah tema yang digaungkan oleh kemenag mengangkat tema untuk mahasiswa baru tahun ini modernisasi islam yang menyesuaikan peradaban islam harus bisa berkembang dan maju.Untuk tema kami terbinanya insan akademis atau manusia intelektual,pencipta, pelopor, penemu, mereka bisa membuat karya dan terakhir itu pengabdi. Semua ilmu intelektual mereka abdikan untuk umat islam dan.masyarakat islam." tutur wahyu.

"Harapannya setelah mereka keluar menumbuhkan karakter kemahasiswaan agar mahasiswa tidak terlalu cuek kuliah pulang. Namun mereka sebagai pencipta harus kritis." tutup beliau.

Setelah acara pembukaan agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi baik itu materi akademik dan materi wajib yang telah ditentukan oleh Kementerian agama sosial. Diisi dengan kuliah umum rektor,Warek III dan Kapolda babel.


Penulis : Tika Melinda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seminar pendidikan

Mahasiswa Bangka Belitung gelar aksi Hari Tani Nasional