Pelatihan Audit keuangan Progam Studi Akuntansi Syariah




Bangka- Program studi akuntansi syariah selenggarakan pelatihan audit keuangan dengan tema "sistem dan prosedur audit lembaga pemerintah dan estitas dalam menghasilkan penilaian yang akuntabel" di gedung terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang di gelar oleh Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Turut hadir pada kegiatan ini, Tari, M.AB, Dr. Tinggal,M.Si, Tomi,Sandra pracipta S.E., Ak., CPA., Asean CPA dosen fakultas syariah ekonomi Islam dan 69 mahasiswa mahasiswi program studi akuntansi syariah. 26/10.19



Tari M,AB Dalam materinya ia menyampaikan, pemeriksaan laporan keuangan merupakan pemeriksaan yg bertujuan untuk memberi keyakinan yang memadai( reasonable). Dalam laporan keuangan didasarkan pada kriterianya yaitu kesesuian,  kecukupan,  kepatuhan, dan efektivitas. Pemeriksaan diharapkan untuk fokus mengarahkan prosedur pemeriksaan terhadap tujuan pemeriksaan tersebut. Kementrian keuangan akan melakukan pemeriksaan anggaran (APBN) pada 28 februari. Lembaga keuangan pemerintah melakukan pemeriksaan pada 31 maret oleh dua lembaga,yaitu lembaga keuangan pemerintah pusat( LKPD) dan lembaga keuanga pemrintah daerah(LKPD). Lembag keuangan pemerintah daerah memiki dua fungsi penyusunan dan pemeriksaan keuangan. Hubungan SAP dengan opini audit memiki 3 kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan( adequate).


"Basis kas adalah basis akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat kas atau setara kas di terima atau dibayar. Resiko Akun lain meliputi piutang, beban,  belanja dan kewajiban " Ungkap tari."



Pelatihan audit keuangan ini merupakan program yang di selenggarakan Program studi akuntansi syariah tujuan untuk mengarahkan  mahasiswa mahasiswi akutansi syariah agar faham menejemen laporan keuangan oleh pemerintah pusat, daerah maupun kementrian keuangan indonesia. Kegiatan ini juga salah satu agenda.



Risky selaku ketua pelaksana mengungkapkan,  tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan pemeriksaan akuntansi atau audit kepada mahasiswa, baik di lingkungan pemerintahan maupun perusahaan.


" Alhamdulillah rencananya tahun kemarin, terlaksana tahun ini selama 2 hari. Mendatangkan pemateri dari Badan pemeriksaan keuangan(BPK)."Tutur risky."


Penulis: Eriyan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembukaan PBAK 2019

Pro Kontra RUU PKS

Seminar pendidikan