Juwanda peserta pewara XI "Begini ungkapnya".




Petaling- Unit Khusus Kemahasiswaan(UKK) Racana Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik dan Salma Amnati selenggarakan penerimaan warga racana XI(PEWARA XI) dengan tema “ Pemuda Pencetak Generasi SDM Unggul untuk Indonesia maju” di pantai temberan 27-29 september 2019 selama 3 hari.


Ketua racana putra Abdul Gofar mengungkapkan, tema kegiatan ini, masih bersangkutan ulang tahun kemerdekaan, agar pramuka pewara XI  menyangkut tema SDM unggul, Indonesia maju. Pewara X dan XI memiliki perbedaan yaitu pewara X indoenesia seringnya di landa bencana, sehingga Indonesia berduka pada masa itu. Pewara IX sendiri lebih ke Nasionalis karena masih bersangkutan Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia 29/09/19


“ Menurut saya hasil pewara ini, berjalan lancar dan sukses, peserta juga disiplin dalam mengikuti kegiatan pewara ini. Karena kedisiplinan ini di utamakan dari  pada kepintaran. Ilmu tidak akan berguna jika tidak mempunyai adab. Setinggi-tinggi ilmu seseorang jika di sombongkan ilmu tidak ada artinya. Pewara XI ini, mereka bisa menjaga hal tersebut sehingga saling membantu teman-temannya.”ungkapnya”


Kegiatan ini, di mulai dengan upacara pelepan di lapangan Futsal depan Student senter. Peserta di berangkatkan pada pukul 14.30 menuju pantai temberan. Sesampai di sana peserta di arahkan untuk mendirikan tenda lalu apel pembukan pewara XI. Malam sabtu peserta di agendakan untuk perkenalan sesama anggota pewara maupun panitia. Hari kedua peserta diberikan pembekalan materi dari kakak Saka Wirakartika ,BNPP dan BPDB. Pesera juga di agendakan mengkuiti out bond yang telah  di siapkan panita. Malam minggu peserta di arahkan untuk mengukit out bond malam yang terdiri dari 5 pos dan 2 pos bayangan tujuannya adalah melatih peserta agar mampu bersifat sabar, tekun dan bekerja keras. Karena aktivitas out bond menggambarkan kehidupan mahasiswa selama menuntut ilmu di bangku perkulihan. Minggu siang peserta di arahkan panitia untuk melakukan penutupan pewara XI, Halal bihalal dan tukar kado.


Juwanda salah satu  peserta pewara XI mengakatan, banyak hal yang di dapatkan setelah mengikuti pewara ini, peserta di bekali ilmu dari BNPP, BPDB dan Saka Wirakartika yang sangat bermanfaat sekali.


“ Saya merasa sangat senang sekali, kegiatan ini sangat  berbeda dari kegiatan sebelumnya. Untuk peserta semoga tetap semangat dalam menjalankan di racana dan tidak terseleksi alam lagi. Karena ini adalah langkah awal kami untuk meneruskan cita-cita para purna terdahulu. Untuk panita, semoga tetap semangat dan berkontribusi untuk racana IAIN SAS Bangka Belitung(Babel).”tutup juwanda.”


Penulis : Eriyan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembukaan PBAK 2019

Pro Kontra RUU PKS

Seminar pendidikan